Hi-Media membeli AdLink Media

  • |
  • 07 July 2009

adlink-himediaKelompok media online Hi-media yang berbasis di paris mengumumkan akuisisi terhadapa AdLINK media, unit iklan milik AdLINK Internet media (juga perusahaan di balik SEDO dan Affilinet, yang tidak dijual).

Syarat perjanjian penjualan yang cukup kompleks, dari siaran pers :

_
AdLINK Media is valued at 29.4 million euros and will be transferred to Hi-media net of any cash and of all debt. According to the terms of the agreement protocol, the consideration paid for this transfer will be:_

– 3,940,000 newly created shares in consideration for a portion of the AdLINK Media shares;
– 795,000 existing shares currently held by the Hi-media Group for the remaining shares of AdLINK Media plus;
– A deferred payment in the form of a vendor loan of 12.2 million euros.

This vendor loan, which will end the 30th of June 2011, is repayable in fine and will have an interest rate of 3.7% for the first 12 months and then 5% afterwards. The shares to be held post acquisition by AdLINK AG will be subject to a one year lockup period.

AdLINK Internet Media AG akan menjadi pemilik saham utama Group Hi-Media dengan modal 10,7% bersama investor IDI dan BV Capital, dan akan mengkonsentrasikan operasinya di unit bisnis lain. Menurut informasi di situs webnya, AdLINK media saat ini memiliki kantor pemasaran di 13 megara dan menangani pemasangan iklan di 4000 situs web dan mengklaim dapat meraih 80 juta pengunjung unik diseputar eropa (siaran pers menginformasikan 93 juta pengunjung unik tiap bulan). Karyawannya mencapai 200 orang dan berdasar laporan pendapatannya AdLink Media memiliki penjualan 14,2 juta euro dalam kuartal pertama tahun ini.

Hi media sendiri mempekerjakan 390 orang dan beroperasi di 9 negara : Perancis, Jerman, Swedia, Belgia, Spanyol, Portugal, Cina, Amerika Serikat dan Brazil. Perusahaan ini mengembangkan berbagai layanan publikasi web (lewat Hi-Media Publishing) dan monetisasi pengunjung (lewat Hi-Media Services). Didirikan tahun 1996, Hi-media saat ini mendapat 50 juta pengunjung unik tiap bulan di situs web proprietarynya. Laporan keuangan terakhir menunjukkan bahwa group tersebut memiliki pendapatan 135,7 juta euro pada tahun 2008 dengan pendapatan bersih 10 juta euro.

Via : TechCrunch

You May Also Like