Tutorial Komputer Bahasa Indonesia

Netlog Menggunakan Layanan Spam Filtering Mollom

mollomPiranti lunak filtering spam Mollom, kompetitor Akismet yang disediakan oleh Automattic, melakukan kerjasama dengan NetLog. Netlog merupakan salah satu situs jejaring sosial yang berkembang dengan cepat di eropa. Mollom akan menyaring lebih dari 4 juta pesan di 25 bahasa untuk NetLog, yang memiliki 40 Juta pengguna diseluruh dunia.

Mollom telah memasang server dedicated di data center NetLog yang memungkinkan monitoring pesan dan komentar secara real-time 24/7. Teknologi Mollom secara otomatis memblok spam komentar, spam form kontak, dan akun user palsu menggunakan teknik filtering berdasar kombinasi analisis konten dan Challenges CAPTCHA. Jika konten baru dianalisis oleh Mollom dan Mollom tidak yakin apakah konten tersebut spam atau bukan, maka Mollom akan mengajukan CAPTCHA ke pengguna.

Prosedur challenge ini tidak memblok pengguna manusia (non bot), Jika sebuah pesan yang tidak diinginkan masih lolos masuk ke website, pengguna dapat melaporkan spam ke Mollom. Menurut info dari Mollom, server Mollom menganalisis 50 pesan per detik hingga 200 pesan per detik dalam kondisi peak dan memastikan 99,95 persen efisiensi dalam mendeteksi dan memblok konten spam.

Mollom mulai mengalami pertumbuhan tool filtering dan mulai menjadi calon pesaing kuat Akismet yang saat ini menjadi pemimpin pasar spam filtering. Selain Akismet terdapat layanan TypePad AntiSpam yang dimiliki SixApart.

netlogNetlog memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi di Eropa Timur dan timur tengah.

Mollom merupakan perusahaan yang berbasis di belgia, didirikan pada tahun 2008 oleh Dries Buytaert, pendiri dan project lead Drupal, dan Benjamin Schrauwen, peneliti post doktoral di Universitas Ghenr dan juga pakar Machine Learning. Pengguna jasa mollom lainnya yang terkenal diantaranya Sony BMG, Adobe, dan FastCompany.

Via : TechCrunch