Tutorial Komputer Bahasa Indonesia

Internet Melampaui Milestone baru : 200 juta nama domain telah diregistrasi


Kuarter pertama tahun ini terdapat 193 juta nama domain ketika menghitung seluruh top-level domains (TLD), seluruh TLD disini termasuk Generic TLD (gTLDs) atau nama domain umum seperti .com, .net, dan .org dan Country Code TLD (ccTLDs) seperti .id, .fr, .au dan sebagainya.

Dua bulan lalu terdapat kurang dari 117 juta gTLD, sekarang leih dari 121 juta nama domain yang berarti terdapat peningkatan lebih dari 4 juta nama domain dan itu belum menghitung 240 ccTLD yang ada sehingga jika seluruh nama domain dihitung akan mendekati 200 juta.

Pertambahan dari 100 juta menjadi 200 juta hanya terjadi selama 4 tahun. Ya, jumlah nama domain 100 juta adalah kondisi pada tahun 2006. Dari 200 juta nama domain yang ada, 88 juta nama domain merupakan domain .com jumlah tersebut enam kali lipat dibandingkan runner-up yaitu domain .de yang hanya berjumlah 13,7 domain. Pertumbuhan pada kuarter pertama tahun ini relatif rendah, hal tersebut salah satunya dikarenakan perubahan kebijakan penggunaan domain .cn yang menyebabkan banyak domain yang hilang.

Mungkin akan menarik jika kita bisa tahu dari 200 juta nama domain yang ada berapa persen yang aktif. apakah berlaku hukum pareto dimana 80% trafik internet dunia dikuasai oleh 20% nama domain yang ada atau justru lebih ekstrim lagi hanya 2% yang menguasai 98% trafik?

Via : royal pingdom dengan sumber data dari Verisign Domain Name Industry Brief, RegistrarStats, DENIC.