Tutorial Komputer Bahasa Indonesia

Google Docs Mengancam MS Office 2010

Microsoft Office 2010 akan keluar dari beta dalam waktu dekat, dan Google sudah melakukan “ancaman” kepada microsoft. Matthew Glotzbach, Enterprise Product Management Director Google menjelaskan dalam sebuah posting blog bahwa saatnya melakukan upgrade, alih-alih melakukan upgrade ke MS office 2010, Glotzbach memberikan alternatif untuk melakukan upgrade ke Google Docs.

Google Docs yang sudah ada selama 4 tahun sudah cukup matang dan terus meningkatkan fiturnya. Glotzbach menjelaskan jika pengguna sudah memiliki office 2007 atau office 2003 atau bahkan office 2000 anda tidak perlu meng-uninstall aplikasi tersebut karena Google Docs meningkatkan kegunaan aplikasi tersebut sebagai contoh kita bisa menyimpan file apapun, termasuk dokumen Microsoft Office di Server google dalam format aslinya plus file anda akan di replikasi ke banyak data center google untuk memastikan data anda dalam kondisi aman.

Kolaborasi antar karyawan yang semakin hari semakin dibutuhkan merupakan hal yang natural di Google Docs dan merupakan salah satu kelebihannya. Staf IT perusahaan juga tidak dipusingkan dengan siklus upgrade yang seolah tak berkesudahan.

Bagi pengguna yang berada di negara maju dengan koneksi internet relatif cepat terutama untuk upload mungkin beralih ke Google Docs merupakan alternatif menarik, tetapi pengguna dengan koneksi pas-pas an seperti di Indonesia misalnya tentu harus dipertimbangkan ulang. Mungkin kecepatan mengambil dokumen dari server (download) tidak menjadi masalah, tetapi mengembalikan revisi dokumen ke server (upload) dalam ukuran besar akan menjadi masalah tersendiri. Bagaimana menurut anda?

via Google Enterprise Blog