Tutorial Komputer Bahasa Indonesia

Caffeine, Indeks Pencarian Baru Milik Google

Tanggal 8 juni 2010 Google mengumumkan bahwa indeks pencarian baru milik Google yang diberi nama Caffeine telah dirilis. Indeks baru ini memberikan hasil yang 50% lebih fresh daripada indeks sebelumnya dan merupakan koleksi konten web terbesar yang pernah ditawarkan Google. Berita, posting blog, maupun posting diforum akan di indeks Google lebih cepat sehingga kita bisa menemukan konten-konten tersebut lebih cepat

Ketika kita melakukan pencarian di Google, kita tidak mencari web yang sedang live saat ini tetapi melakukan pencarian pada indeks milik Google. Karena semakin hari konten di web semakin berkembang dengan cepat, disamping semakin banyak adopsi penggunaan konten audio, video dan update secara real-time. Google merasa perlu mengembangkan indeks baru sehingga jika dulu terdapat gap antara indeks google dengan kondisi web saat ini sekarang gap tersebut berusaha untuk diperkecil oleh Google.

Indeks Google sebelumnya memiliki beberapa tingkatan, beberapa diperbaharui lebih sering daripada yang lain. Indeks utama diupdate setiap beberapa pekan. Untuk memperbaharui sebuah lapisan indeks yang lama, Google harus melihat web secara keseluruhan yang tentu memakan waktu tidak sebentar, hal ini berarti ada jeda antara Google menemukan sebuah halaman hingga halaman itu tersedia di Indeks sehingga bisa kita cari.

Dengan Caffeine ketika sebuah halaman ditemukan, halaman tersebut dianalisis kemudian di tambahkan ke Indeks sehingga kita bisa menemukan sebuah halaman baru lebih cepat.

Caffeine menghabiskan storage 100 juta gigabytes yang disimpan didalam sebuah database dengan penambahan informasi baru ratusan hingga ribuan gigabytes per hari. Anda membutuhkan 625.000 iPods dengan kapasitas terbesar untuk menyimpan informasi sebanyak itu, jika iPod tersebut dibariskan akan sepanjang 40 Mil. Bagaimana dengan anda? Apakah beberapa hari belakangan merasa sudah mendapatkan hasil yang lebih akurat?